STUDI SENI

Bagi peminat jurusan Musik,  Film, Seni Rupa (Bildende Kunst) atau pun Design:

1. Test penerimaan langsung di uni bersangkutan. Waktu lamaran berbeda-beda (lihat langsung di website universitas). Umumnya  universitas jenis ini hanya membuka waktu lamaran 1x dalam setahun. Untuk Seni rupa dan design diperkukan Portfolio (Arbeitsprobe).

2. Datang  ke Austria bisa dengan visa kursus bahasa atau dengan surat panggilan jurusan cadangan di universitas non seni.

3. Alternatif untuk sekolah musik : Universitas Privat, di mana chance lebih besar, atau terlebih dahulu terdaftar di Kajian Musik (Musikwissenschaft) selama menunggu.

4. Setelah diterima maka bukti sertifikat bahasa baru diminta (Sertifikat B2), jika belum memiliki diberi kesempatan selama 2 semester untuk memperolehnya.

5. Perlu diperhatikan, bahwa dalam persaingan memperebutkan tempat di sekolah musik dan seni rupa tidak dibedakan apakah calon mahasiswa berasal dari Austria atau luar Austria. Dengan kata lain tidak terdapat quota khusus untuk pelajar asing. Hal ini menyebabkan persaingan yang keras  untuk tempat yang sedikit. Kemampuan bahasa  yang terbatas akan menjadi hambatan.

Kapasitas di Austria untuk jurusan musik hanya terdapat di 3 universitas negeri (Wien,Salzburg, Graz). Untuk jurusan seni rupa dan design hanya ada di Wien dan Linz . Untuk jurusan film hanya terdapat di Wien. (lebih jelasnya download pdf  list jurusan)


Jurusan musik pada universitas swasta terbilang banyak, hanya biaya kuliahnya terbilang mahal (sekitar 300 per bulan, dibandingkan 400 Euro per semester pada universitas negeri)